Vespa Ksatria Lebah Berjubah Hitam

Thursday 20 September 2012


Vespa Ksatria Lebah Berjubah Hitam
 Tidak banyak yang berani memodifikasi Vespa secara ekstrem. Namun, toko peranti dan pusat modifikasi Vespa Scooter & Service di Hamburg, Jerman ini bisa mewujudkannya. Contohnya, bangkai Vespa 1960-an ini dioperasi besar-besar sehingga menjelma menjadi monster lebah dengan dominasi warna hitam.
Vespa Ksatria Lebah Berjubah Hitam
Selanjutnya, hasil rombakan diberi nama 138N. Tanpa menjelaskan makan nama, semua bodi skuter diguyur hitam pekat dop untuk mendapat kesan sangar. Bagian pertama yang dipermak adalah mesin standar berdaya 10 PS, naik 300 persen menjadi 31 PS dengan menggunakan silinder Aprilia RS 125 yang sudah korter (diameter diperbesar) menjadi 57 mm.

Karburator diganti Keihin 35 mm PWK untuk menambah jumlah campuran bensin dan udara. Sedangkan poros engkol (crankshaft) yang berfungsi mengubah gerak piston naik-turun menjadi gerak putar diganti Mazzuchelli dengan langkah 54mm. Sebagai pendukung, knalpot khusus dipasang melilit manis di bagian kiri mesin bak ular besar yang menyemburkan asap.

Karena tenaganya makin galak, Scooter & Service memasang komponen suspensi Bitubo agar pengendaliannya juga tak kalah mantap, khusus bila dikebut pada kecepatan tinggi. Rem belakang naik kasta, menggunakan sistem hidrauli empat piston dan rem depannya diganti dengan merek S&S.

Tak kalah menarik, mesin  baru Vespa ini dipasangi radiator yang berada di leher untuk mendinginkan mesin. Untuk mendapagtkan udara, bagian depan harus dilubangi seperti sarang lebah. Semua pengerjaan itu diselesaikan dengan finishing ciamik pada aksesori seperti panel meter digital, jok racing dan ban yang lebih lebar. 

Si lebah yang kuno kini siap bertarung di sirkuit yang ganas danberevolusi menjadi kstaria lebah berjubah hitam.

0 comments:

Post a Comment